Rabu, 15 Februari 2012

Tips Menulis Cerpen Berkarakter

Cerita pendek atau cerpen adalah cerita yang singkat dan dibaca dalam sekali duduk. Karena ceritanya sangat singkat, maka kita harus membuatnya menarik dan tidak memboroskan kata-kata. Bagaimana tips menulis cerpen?
Awal dari cerita pendek, atau disebut dengan kail akan menentukan apakah pembaca akan melewati paragraf pertama atau tidak. Untuk membawa pembaca pada rasa penasaran, kita harus memunculkan permasalahan dengan cepat dan tajam. Buka cerita di pertengahan adegan dengan disertai karakter.
Tips-tips penting di bawah ini bisa membantu anda menulis cerpen berkarakter.

Perkenalkan konflik
Perkenalkanlah konflik di awal cerita, karena tanpa konflik, anda tidak akan memiliki sebuah cerita. Tetapi kata “konflik” sulit ketika anda pertama kali mulai menulis fiksi.
Mungkin cerita pendek anda adalah tentang seorang wanita yang sedang mengintip melalui jendela berlapis debu untuk melihat seseorang bersembunyi di dalam sebuah rumah kosong. Lalu pertanyaan pun akan terbentuk di pikiran pembaca. Siapa dia? Mengapa dia ada di sana? Selanjutnya anda bisa mengembangkan pertanyaan-pertanyaan itu.

Jangan mulai dengan flashback
Penulis baru memiliki kecenderungan untuk memulai dengan flashback (menceritakan kembali dari awal) yang menggambarkan keadaan yang mengarah ke situasi wajah karakter. Jangan melakukan hal ini jika anda ingin menampilkan cerita yang padat dan ringkas sekaligus tidak membuang waktu.

Jangan mulai dengan cuaca, pemandangan, atau bangun pagi
Cerita pendek adalah cerita yang singkat untuk rincian. Janganlah mulai dengan menceritakan cuaca yang membosankan. Kemerahan fajar yang mengintip melalui tirai dan menyambut kelahiran hari yang baru tidak memiliki tempat dalam cerita pendek. Pada saat karakter anda keluar dari tempat tidur dan menuang secangkir kopi, anda sudah menyia-nyiakan ratusan kata-kata.

Selesaikan cerita pendek sebelum mengalami kelelahan di awal paragraf
Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengurai penderitaan di paragraf pertama cerita pendek anda. Padahal ini tidak perlu dilakukan. Ini hanya akan mengulang-ulang sesuatu yang tidak penting dan sangat melelahkan. Anda harus menghemat waktu dan juga usaha.
Dengan melakukan beberapa tips di atas diharapkan anda bisa menulis sebuah cerpen yang berkarakter.

(Artikel Tips Menulis Cerpen Berkarakter ini hasil terjemahan dari sebuah artikel di crativewritinginstitute.com dan sudah mengalami penambahan serta pengurangan untuk memudahkan pemahaman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar